Cara untuk upload dan hosting file di github

Cara untuk upload dan hosting file di github
github.com/samuelpasaribu

Github merupakan salah satu layanan hos web bersama untuk suatu proyek pengembangan perangkan lunak dengan menggunakan sistem kendali versi git dan pelayanan hosting pada internet. Situs tersebut juga menjamin keamanan suatu sistem yang cukup baik dan sudah terbukti file yang kita upload ke git aman dan terjaga untuk tetap ada.


Github juga digunakan untuk mengupload berbagai macam file yang di isi dengan kode-kode bahasa pemrograman seperti html, css, jQuery, javascript dan berbagai macam bahasa pemrograman lainnya secara gratis atau premium.

Sampai saat ini, github juga menjadi salah satu situs yang paling populer dan banyak digemari oleh kalangan pengembang web dan pelajar IT. Seperti bisa kita katakan github adalah sosial medianya para programmer dan developer. Bukan cuma itu saja di situs tersebut juga menyediakan hosting aktif dan powerfull yang dapat digunakan secara gratis bagi penggunanya. 

Sebelumnya anda harus sudah daftar akun ke git dengan benar. Setelah itu menginstall git terlebih dahulu sebelum mengupload file ke github. Git merupakan salah satu software penting dalam suatu pengembangan website. Fungsi dari git itu sendiri adalah untuk mengatur versi dari source code program dengan memberikan tanda baris buat code mana yang ditambah atau diganti.

Di artikel ini saya hanya membahas cara untuk upload dan hosting file di github menggunakan software dari git, yuk simak ulasan berikut ini.
 

Cara upload file ke dalam repositories github

 
Untuk mengupload file ada berbagai cara yang bisa anda lakukan, anda bisa upload melalui link file atau melalui git. Disini, saya akan menggunakan git untuk uploading file. Berikut ini adalah cara untuk upload file menggunakan git. 
 
Pertama kita masuk ke dalam directory folder tempat penyimpanan file yang akan di upload ke github. lalu klik kanan dan pilih Git bash Here. 
 
Selanjutnya memberi alamat repository yang akan kita tentukan sebagai alamat tujuannya. lalu salin link bisa diambil lewat repository dengan mengcopy alamat URL yang ada pada Clone or download (code) di pojok kanan atas. 
 

Script Upload File dengan Git

 
Berikut ini adalah code perintah yang akan kita terapkan pada terminal git: 
 

1. git init 
2. git remote add origin "paste link yang disalin disini tanpa tanda kutip"
3. git add .  
4. git commit -m "first commit"
5. git push -u origin master
 
Pada perintah git push -u origin master di atas akan menampilkan pop up sign in github buat pemula yang baru menggunakan git, maka anda perlu login untuk melanjutkan proses push ke GitHub. 
 

 Cara hosting file di github

 
Pastikan dulu nama index anda di dalam website ada halaman-halaman website yang siap tampilnya, pastikan nama file utamanya adalah index atau ubah dulu menjadi index.html supaya nanti bisa langsung tampil. Berikut ini adalah cara hosting file di github pages: 
 
1. Klik Settings di github lalu scroll ke bawah dan cari dibagian github pages, kita aktifkan dulu dia sebagai github pages. Tujuannya untuk menjadikan dia sebagai github pages kalian bisa ubah di source masih pada bagian github pages dengan memilih sub menu di Branch: yang akan ditentukan. 
 
2. Setelah itu tentukan Branch: dan masih dibagian github pages bisa pilih mau halaman mana github pagesnya . yang mana ini maksudnya Branch yang mana yang akan dipilih. Kalau masih none kalian bisa klik dan pilih master ya.

3. Selanjutnya setelah loading kalian bisa lihat kalau balik lagi ke github pages ada tulisan your site is ready to be publish yang berarti website sudah siap untuk di hosting. Setelah itu coba klik linknya maka website anda akan tampil jadi web hosting gratisan kalian. Sekarang anda udh bisa mempunyai website yang bisa di akses oleh siapapun secara gratis.
 
 

Penutup

 
Cara menggunakan git ini wajib diketahui dan dikuasai oleh semua developer karena akan sangat membantu dalam mengerjakan suatu project pembuatan website. Demikian penjelasan tentang cara menggunakan git. Jika masih ada pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan di halaman kontak.
Next Post
No Comment
Add Comment
comment url